Minggu, 05 Desember 2010

BERKENALAN DENGAN SOFTWARE STATISTIK

Untuk mempermudah pengolahan data statistik, tentu saja para statistikawan membutuhkan software statistik yang berfungsi untuk menganalisis data secara cepat dan akurat. Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan, berikut ini adalah beberapa software statistik:

1. MINITAB
Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun 1972. Minitab memulai versi ringannya OMNITAB, sebuah program analisis statistik oleh NIST.
Minitab didistribusikan oleh Minitab Inc, sebuah perusahaan swasta yang bermarkas di State College, Pensylvania dengan kantor cabang di Conventry, Inggris (Minitab Ltd.) Paris,Perancis (Minitab SARL) dan Sidney, Australia (Minitab Pty.).
Paket program Minitab merupakan program statistika yang diakui cukup andal oleh banyak kalangan, baik dunia kampus maupun industri. Minitab memberikan beberapa kelebihan dalam mengolah data untuk Analysis of Variance (ANOVA), desain eksperimen, pengendalian kualitas statistik, analisis multivariat, peramalan, dan lain-lain. Minitab memberikan fasilitas membuat grafik statistik secara mudah dan menampilkannya dalam bentuk lebih menarik, informatif, dan sekaligus menceritakan probabilitas.
Kini, Minitab seringkali digunakan dalam implementasi Six Sigma, CMMI serta metode perbaikan proses yang berbasis statistika lainnya. Minitab 16, versi terbaru perangkat lunak ini, tersedia dalam tujuh bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Korea, Mandarin, dan Spanyol.

2. EViews
EViews merupakan singkatan dari Econometric Views. Yaitu program komputer berbasis Windows yang banyak dipakai untuk analisa statistika dan ekonometri jenis runtun-waktu (time series). Ekonometrika dan statistika adalah dua bidang ilmu yang sangat berdekatan. Keduanya merupakan analisis kuantitatif dengan data time series maupun cross section. Model analisis juga sama-sama menggunakan regresi korelasi sebagai model dasar. Kedua bidang ilmu ini sangat memerlukan program komputer untuk menyelesaikan masalah. Salah satu program komputer yang banyak dipakai adalah EViews.Perangkat lunak ini dikembangkan oleh perusahaan Quantitative Micro Software (QMS) pada tahun 1994, dan pada tahun 2007 telah mengeluarkan versi 6.0.

3. SPSS
SPSS (singkatan dari: Statistical Package for the Social Sciences) adalah program komputer yang dipakai untuk analisa statistika. Sejak tanggal 28 Juli 2009, SPSS disebut sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare), karena perusahaan ini telah dibeli oleh perusahaan IBM. Predictive analytics, yang menyatukan analytics yang maju dan optimasi keputusan, akan terus menjadi fokus.SPSS dikenal sebagai pemimpin di pasar predictive analytics. Software ini paling banyak digunakan di
berbagai kalangan.

4. SAS (Statistical Analysis System)
SAS adalah program komputer untuk analisa statistika yang dikembangkan oleh perusahaan SAS Institute. Perangkat lunak ini dirancang untuk keperluan berbagai bidang dengan fitur:
a) Analisa Statistika
b) Riset Operasi
c) Managemen Proyek

5. MATLAB
MATLAB adalah sebuah lingkungan komputasi numerikal dan bahasa pemrograman komputer generasi keempat. Dikembangkan oleh The MathWorks, MATLAB memungkinkan manipulasi matriks, membuat plot fungsi dan data, implementasi algoritma. Pada tahun 2004, MathWorks mengklaim bahwa MATLAB telah dimanfaatkan oleh lebih dari satu juta pengguna di dunia pendidikan dan industri.

Berbagai software diatas mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk masalah regresi, sebaiknya kita menggunakan SPSS atau Minitab. Mengenai masalah runtun waktu (time series) saya sarankan untuk menggunakan Minitab. Sedangkan untuk masalah ekonometri, sebaiknya kita menggunakan software EViews. Tetapi dalam menganalisis data, sangat mungkin bagi kita untuk menggunakan beberapa software sekaligus dalam menganalisis permasalahan-permasalahan statistika.

4 komentar:

  1. o itu tho program na........
    lo begitu kasih tau lagi ea cara-cara penggunaanya....

    BalasHapus
  2. ane gagal pertamax nih gan...hehe...

    BalasHapus
  3. statistika undip jaya selalu...

    BalasHapus